8.3.8 instrumen penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan lingka…

1) PENILAIAN SIKAP a. Penilaian Sikap Spiritual Petunjuk : Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut : 1 = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan memanfaatkan laporan hasil penilaian Teknik penilaian sikap Penilaian sikap merupakan penilaian yang dilakukan pendidik dalam mengambil informasi mengenai perilaku peserta didik secara deskriptik. dengan tahapan sebagai berikut : mengamati perilaku peserta didik selama proses pembelajaran

Contoh Rubrik Dan Lembar Penilaian Sikap, Pengetahuan Dan Keterampilan

Di dalam format penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang ada ini didalamnya telah memuat nama siswa, daftar nilai, predikat dan deskripsi jadi sudah di sesuaikan dengan format yang ada pada penilaian di kurikulum 2013. Sikap 2. Pengetahuan 3. Keterampilan 1. Penilaian Ranah Sikap (Contoh Penilaian Sikap melalui Observasi) Tabel 19. Contoh Instrumen dan Rubrik Penilaian Sikap (Sosial) No Nama Siswa/Kelompok Disiplin Jujur Tanggung Jawab Santun 1. 2. 3. Keterangan: 4 = jika empat indikator terlihat. 3 = jika tiga indikator terlihat. 2 = jika dua indikator. peserta didiknya, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Untuk menilai ketiga ranah tersebut, kurikulum 2013 merekomendasikan lima karakteristik penilaian, yaitu:. sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian autentik menilai kesiapan peserta didik, serta proses dan hasil belajar secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen. 1. Observasi Penilaian sikap dilakukan oleh guru kelas, guru mata pelajaran dan budipekerti serta guru PJOK. Sikap dan peerilaku keseharian siswa diamati dan direkam melalui teknik observasi. Aspek sikap dan perilaku yang diobservasi dapat disesuaikan dengan kegiatan pada saat itu.

8.3.8 instrumen penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan lingka…

2022 A. PENILAIAN Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. A. PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP 1. Pengertian Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. teknik dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristik penilaian masing-masing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis. peserta didik pada kurikulum 2013 meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal yang perlu dipersiapkan oleh guru sebelum penilaian dilakukan adalah menetapkan KKM dan menyiapkan. Teknik dan instrumen penilaian yang digunakan dalam Kurikulum 2013 mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Harapan penilaian ranah afektif bentuk skala sikap ini

Contoh Instrumen Beserta Rubrik Penilaian Wp Guru Ji Images Kisah

Admin BlogPendidikan.net - Proses pembelajaran merupakan upaya untuk mencapai Kompetensi Dasar yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, kegiatan penilaian dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian Kompetensi Dasar. LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP PENILAIAN OBSERVASI Rubrik: Indikator sikap aktif dalam pembelajaran: 1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran 2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten 3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten diukurmmelalui penilaian HOTS pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tujuannya untukmmengetahui ketercapaian Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dari sebuah Kompetensi Dasar (KD) yanggdiwakili olehhsebuah Kata Kerja Operasional (KKO). 1. Penilaian Sikap Sikap terdiriddari dua jenis, yaitu sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI. Secara umum penilaian hasil belajar dibagi menjadi tiga aspek, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penilaian yang digunakan guru sangat beragam sesuai kondisi.

Instrumen Penilaian Sikap PDF

Guru dapat menambahkan sikap-sikap tersebut menjadi perluasan cakupan penilaian sikap. Perluasan cakupan penilaian sikap didasarkan pada karakterisitik KD pada KI-1 dan KI-2 setiap matapelajaran. Perumusan Indikator dan Contoh Indikator; Acuan penilaian adalah indikator, karena indikator merupakan tanda tercapainya suatu kompetensi. Indikator harus terukur. Dalam konteks Penilaian Sikap, indikator merupakan tanda-tanda yang dimunculkan oleh peserta didik, yang dapat diamati atau diobservasi oleh guru sebagai representasi dari sikap yang dinilai. Pedoman Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan Kurikulum 2013 Page 2